Memasang Wallpaper dinding

Cara Memasang Wallpaper Dinding Sendiri Lengkap Mudah dan Rapi

Cara memasang wallpaper dinding saat ini banyak dipelajari oleh masyarakat. Hal ini tentu berkaitan dengan tren penggunaan wallpaper dinding yang makin meluas dan menarik perhatian. Memang tidak dapat dibantah penggunaan wallpaper dinding sangat prakttis dalam mendesain sebuah ruangan. Selain itu, harganya juga relatih terjangkau.

Motif wallpaper dinding juga sangat beragam. Jadi desain ruangan apapun di rumah saat ini akan lebih lengkap jika dipasang wallpaper dinding yang sesuai. Oleh sebab itu, Bagi Anda yang ingin menggunakan wallpaper dinding sebaiknya mempelajari cara memasang wallpaper dinding sendiri di rumah. Simak caranya yang mudah dan hemat di bawah ini!

9 Langkah Pemasangan Wallpaper Dinding dengan Lem

Walau terlihat mudah dilakukan, ternyata memasang wallpaper dinding memerlukan fokus dan ketekunan yang tinggi. Ada 9 langkah dalam cara memasang wallpaper dinding yang perlu Anda kuasai seperti berikut ini.

1. Persiapan Alat dan Bahan untuk Memasang Wallpaper Dinding

Peralatan Untuk Cara memasang wallpaper dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Sebelum memulai pemasangan wallpaper dinding, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Berikut ini beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan sebelumnya:

  • Meteran
  • Kape
  • Cutter Pisau
  • Lem Putih
  • Lem Wallpaper
  • Wallpaper
  • Air
  • Tongkat Pengaduk
  • Wadah
  • Roller Cat Tembok
  • Kuas Cat
  • Tangga
  • Obeng

Jika seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka pemasangan wallpaper dinding dapat dilanjutkan ke proses pembuatan lem.

2. Pembuatan Lem Wallpaper

Lem wallpaper adalah perekat yang digunakan untuk memastikan wallpaper dinding melekat sempurna pada dinding tembok rumah Anda. Jenis dari lem wallpaper yang harus disiapkan ada dua, yaitu lem wallpaper kental dan encer. Keduanya harus dibuat sendiri jika Anda akan mengaplikasikan cara memasang wallpaper dinding sendiri.

> Cara membuat lem wallpaper Kental

Cara Membuat Lem Wallpaper Kental
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Lem wallpaper kental digunakan khusus untuk merekatkan wallpaper di sisi penyambungan. Cara membuat lem kental ini seperti pada gambar membutuhkan air, wadah, tongkat pengaduk, cutter pisau, lem wallpaper dan lem putih. Jika sudah, isilah wadah untuk tempat lem dengan air secukupnya.

Tahapan Membual Lem wallpaper
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Setelah itu, campurkan lem wallpaper sedikit demi sedikit ke dalam air. Sambil mencampurkannya, aduk terus menggunakan tongkat pengaduk.

Proses Membuat Lem Wallpaper
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Berikutnya, setelah lem wallpaper dan air sudah tercampur sempurna mulai tambahkan lem putih. Penambahan lem putih ini bertujuan untuk membuat lem lebih kuat daya rekatnya. Namun Anda bisa memilih ingin menambahkannya atau tidak.

Lem Wallpaper Kental
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Aduk kembali campuran lem wallpaper dan lem putih hingga merata seperti pada gambar. Diamkan selama 20 menit dan lem kental pun sudah siap digunakan.

> Cara Pembuatan Lem Wallpaper Encer

Cara Pembuatan Lem wallpaper encer
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Memasang wallpaper dinding juga membutuhkan lem encer. Lem encer ini akan digunakan pada bagian belakang wallpaper. Pembuatannya sangat mudah, hanya membutuhkan wadah air, lem wallpaper, dan tongkat pengaduk seperti pada gambar. Jika alat dan bahan sudah siap, campurkanlah lem wallpaper ke dalam air. Tuangkan sedikit-sedikit dan terus aduk sambil dicampurkan.

Cara Membuat Lem Walpaper Encer
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Semakin lama diaduk maka campuran air dan lem wallpaper akan semakin kental teksturnya. Anda bisa mengakhiri proses pengadukan setelah mendapatkan tekstur kental yang sesuai dengan kebutuhan dan diamkan selama 20 menit. Jika sudah maka lem encer pun siap digunakan.

3. Pengukuran Tinggi dan Lebar Dinding

pengukuran tinggi dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Sambil menunggu lem siap digunakan, gunakan waktu untuk memastikan kesiapan dinding yang akan ditempel dengan wallpaper. Beberapa hal yang harus dipastikan adalah dinding tidak rembes dan tidak ada cat yang terkelupas.

Setelah itu, lakukanlah pengukuran tinggi dan lebar dinding. Gunakan meteran yang sudah disiapkan untuk mengukur tinggi dinding dari ujung paling atas sampai ke paling bawah.

Pengukuran Lebar dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Selain tinggi dinding, Anda juga harus mengukur lebarnya. Menggunakan meteran juga, ukuran lebar dinding dari ujung kanan hingga ujung kirinya.

4. Bersihkan Dinding  dan Pindahkan Barang-barang yang Menempel

cara pasang wallpaper dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Jika sudah mendapatkan ukuran pasti tinggi dan lebar dinding, maka tahapan cara memasang wallpaper dinding bisa dilanjutkan ke proses membersihkan dinding. Lepaskan juga semua barang mulai dari gorden dan gantungannya, kipas dinding, kontak listrik, dan berbagai paku serta baut yang menempel di dinding. Anda bisa menggunakan obeng jika diperlukan

bersihkan dinding untuk memasang wallpaper dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Setelah dinding bersih, Anda harus meratakan dan membersihkan cat menggunakan kape.

5. Pemotongan Wallpaper Dinding

Pemotongan wallpaper dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Tahapan cara memasang wallpaper dinding berikutnya sangat penting, yaitu berkaitan dengan bagaimana memotong wallpaper dengan tepat. Ada dua jenis wallpaper yang biasa digunakan di ruang rumah, yaitu wallpaper bermotif atau polos.

Jika wallpaper yang Anda gunakan polos, maka pemotongannya cukup ditambah 10 cm saja dari ukuran tinggi dinding yang sudah Anda ketahui sebelumnya.

Namun jika Anda menggunakan wallpaper bermotif, maka sambungkan dulu dengan potongan sebelumnya untuk melakukan pengepasan. Barulah potong dengan ditambah 5 hingga 10 cm dari ukuran tinggi dinding.Kurang lebih panjang potongan tiap wallpaper bermotif bisa mencapai 30 cm. Hal ini dilakukan untuk memastikan sambungan antar potongan wallpaper tidak terlihat.

cara pasang wall sticker
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Setelah semua kebutuhan wallpaper sudah terpotong, maka susun secara menumpuk. Setelah tersusun, baliklah wallpaper sehingga bagian belakangnya yang menghadap ke atas.Bagian belakang wallpaper ini akan diolesi lem sesuai dengan petunjuk dalam langkah berikutnya di cara memasang wallpaper dinding.

6. Pengeleman Sisi Belakang Wallpaper

Lem bagian belakang Wallpaper
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Cara memasang wallpaper dinding sudah memasuki tahap pengeleman. Pada tahap sebelumnya, seluruh wallpaper yang sudah dipotong disusun menumpuk dengan bagian belakang menghadap ke atas.

Jadi Anda bisa lebih mudah mengaplikasikan lem encer yang sudah disiapkan pada sisi bagian belakang wallpaper ini. Gunakan roller cat tembok untuk meratakan lem encer ke seluruh sisi belakang wallpaper yang sudah disiapkan.

cara Lem bagian belakang wallpaper
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Setiap memberikan lem sejauh beberapa centimeter panjang wallpaper, Anda bisa melipatnya sehingga menumpuk seperti pada gambar. Wallpaper yang sudah dilem akan sulit dipindahkan dalam posisi memanjang. Jadi dengan dilipat seperti ini, wallpaper menjadi lebih mudah ketika dipindahkan.

7. Pemasangan Wallpaper

penandaan dinding untuk memasang wallpaper
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Selesai seluruh potongan wallpaper dioleskan lem encer, kini Anda sudah dapat memasang wallpaper ke dinding. Namun agar hasilnya tidak berantakan, Anda perlu memberikan tanda berupa titik-titik bantu di dinding.

Buat titik-titik bantu ini mulai dari ujung atas hingga ke bawah. Begitu juga untuk titik lebar setiap 50 cm mulai dari sudut kiri atau sudut kanan dinding. Jadi wallpaper tetap lurus.

Beri lem kental pada dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Lanjutkan proses pemasangan dengan mengoleskan lem kental pada sisi atas dan bawah dinding. Tidak lupa juga lem kental harus dioleskan pada bagian tengah dinding di batas sambungan wallpaper.

Pasang Wallpaper Dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Selanjutnya, Anda tinggal menempelkan wallpaper ke dinding mengikuti tanda yang sudah ada. Pastikan pemasangan lurus dan rata, jadi tidak ada yang menggelembung ya.

8. Pemotongan Bagian Wallpaper Dinding Yang Tidak Diperlukan

Potong bagian wallpaper yang tidak diperlukan
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Selesai menempel semua wallpaper, langkah terakhir dalam cara memasang wallpaper dinding adalah memotong bagian-bagian yang tidak diperlukan menggunakan cutter pisau. Pastinya bagian sisa ini ada di ujung atas dan bawah dinding Anda.

Potong bagian wallpaper dinding yang tidak diperlukan
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Potong juga bagian-bagian yang menutupi stop kontak dan colokan listrik Anda. Jadi tidak ada bagian yang tertutup oleh wallpaper ini tanpa disadari.

9. Besihkan Sisa Lem Pada Dinding

Bersihkan sisa lem
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Terakhir, Anda cukup membersihkan sisa-sisa lem yang menempel di sekitar dinding dan wallpaper. Gunakan air untuk menghilangkannya dengan lebih mudah.

Hasil Pemasangan Wallpaper

Sebelum dipasang wallpaper dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden
Setelah pemasangan wallpaper dinding
Sumber gambar : Youtube Gudang Gorden

Berikut ini perbandingan dinding sebelum dan setelah dilapisi dengan wallpaper. Tentunya terlihat lebih bergaya dan menarik bukan mendekorasi ruangan di rumah menggunakan wallpaper dinding?

Untuk lebih detail proses cara pemasangan wallpaper dinding Anda bisa melihatnya pada dua link youtube berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=nAPCT0X4y1U&ab_channel=GudangGorden

Kesimpulan

Cara memasang wallpaper dinding sendiri ternyata mudah bukan? Alat dan bahan-bahannya pun tidak sulit untuk disiapkan. Begitu juga dengan hasil desain ruangan yang menjadi lebih bertema setelah menggunakan wallpaper. Jadi apa Anda tertarik mencobanya? Jangan ragu dan coba sendiri mendekorasi dinding rumah dengan wallpaper ya!

Dzikei

Berawal dari pengalaman berkecimpung di dunia jasa pembuatan berbagai furniture seperti kitchen set, lemari dan beberapa item lain yang customized, saya memulai petualangan saya mencari berbagai macam ide untuk mengembangkan usaha saya. Dan dari situ saya pun membaca banyak tulisan tentang dunia desain rumah, terutama desain interior yang akhirnya saya tuliskan dalam blog ini. Semoga dengan menulis dan menyusun konten di blog ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

View all posts by Dzikei →