Dekorasi pelengkap

5 Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Agar Nyaman dan Betah

Ruang tamu akan memberikan kesan pertama terhadap keseluruhan rumah. Ada banyak sekali cara menata ruang tamu sesuai dengan jenis dan fungsi kebutuhan ruangan itu sendiri. Dengan begitu, akan tercipta ruang hidup yang ideal bagi Anda dan keluarga.

Yuk, simak berikut ini adalah trik mudah untuk menata ruang tamu minimalis agar nyaman dan manis dilihat.

1. Pemilihan dan Penataan Sofa Dalam Menata Ruang Tamu

Trik yang pertama adalah memperhatikan kebutuhan dan pemilihan furniture ruang tamu. Setiap rumah tentu tidak selalu memiliki kebutuhan perabotan yang sama karena disesuaikan dengan gaya hidup dari pemilik rumah tersebut, Namun, terlepas dari gaya hidup yang tidak sama, ada beberapa perabotan wajib yang harus ada di setiap ruang tamu.

Kehadiran sofa atau kursi tamu merupakan hal yang wajib dibicarakan saat menata ruang tamu, terutama mengenai pemilihan perabotan. Hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah ukuran dari sofa itu sendiri. Berikut beberapa contoh inspirasi untuk penataan kursi dan sofa.

Cara Menata Ruang Tamu dengan kursi dan sofa
(sumber: linkcrafter.com)
Cara Menata Ruang Tamu dengan kursi dan sofa
(sumber: ruangtamu.net)
Cara Menata Ruang Tamu dengan kursi dan sofa
(sumber: id.pinterest.com)

Penataan posisi sofa yang tepat agar tidak menghalangi akses masuk dan keluar maupun akses menuju ke ruangan lain dari ruang tamu. Selain itu, pemilihan model sofa minimalis yang tepat dalam penataan mampu menyiasati ruang tamu Anda yang cenderung sempit.

2. Pemilihan dan Penataan Meja Tamu

Kehadiran perabotan satu ini juga sangatlah penting. Kebutuhan meja pada ruang tamu tidak lain untuk menyajikan minuman atau hidangan ringan sekaligus mempermudah tamu yang datang membawa barang.

Jika Anda menginginkan penataan bergaya modern-minimalis, pilihan meja tamu berikut sangatlah tepat yaitu meja jenis nesting.

Cara Menata Ruang Tamu dengan meja tamu minimalis
(sumber: interiordesign.id)

Sedangkan, untuk memperoleh keseimbangan yang lebih fleksibel dengan sofa maupun kursi tamu dan menampilkan penataan bergaya klasik, Anda dapat memilih meja tamu berbentuk oval seperti berikut.

Cara Menata Ruang Tamu dengan meja tamu minimalis
(sumber: interiordesign.id)

Kemudian, meja tamu minimalis berikutnya mampu menjadi multifungsi sebagai penyimpanan di bagian bawahnya. 

Cara Menata Ruang Tamu dengan meja tamu minimalis
(sumber: eminashville.com)

Pilihan meja ruang tamu dengan desain dan penataan terbaik tentu akan menambah kadar estetika ruangan Anda.

3. Penataan dan Pemilihan Karpet dan Sarung Bantal

Cara menata ruang tamu supaya semakin makin maksimal kenyamanannya adalah dengan menambahkan dekor pelengkap. Anda dapat memilih dekorasi yang dapat menunjang kenyamanan seperti karpet dan desain sarung bantal kursi yang selaras .

Cara Menata Ruang Tamu agar terasa nyaman
(sumber: idea.grid.id)

Kemudian, jika Anda ingin memberikan impresi, Anda dapat menggunakan dekorasi artistic seperti guci, lukisan, hiasan dinding agar estetika visual ruang tamu lebih terasa. Selain itu, lemari buku juga bisa dijadikan pelengkap interior.

Cara Menata Ruang Tamu agar terasa nyaman
(sumber: La Casa Interior)
Cara Menata Ruang Tamu agar terasa nyaman
(sumber: zangel.us)

Salah satu trik dalam sebuah ruangan kecil adalah menyeimbangkan dinding gelap dengan unsur-unsur yang lebih terang misalnya menempatkan sofa berwarna terang, bantal dan aksesoris warna-warni, dan karpet berpola.

4. Pemilihan Pola Lantai Ruang Tamu

Cara menata ruang tamu yang baik adalah penggunaaan material lantai senyaman mungkin, yaitu yang hangat dan tidak terlalu keras. Umumnya adalah bahan parket dan vynil. Namun, jika Anda ingin menghadirkan kemewahan pada ruang tamu, Anda dapat menggunakan material berupa marmer maupun material keras lainnya dan agar tetap nyaman dapat disiasati dengan pemasangan karpet.

Cara Menata Ruang Tamu dengan pemilihan lantai
(sumber: rhdesainstudio.com)

Anda dapat memilih tekstur pada model keramik yang memiliki tekstur warna sesuai konsep ruangan. Selain dari bahan keramik, Anda dapat memilih lantai granit sebagai alternative lain. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun lantai jadi lebih kokoh, tahan terhadap berbagai goresan maupun noda, cutting sizenya sangat presisi dan banyaknya variasi pola.

Cara Menata Ruang Tamu dengan pemilihan lantai
(sumber: stonetilecompany.co.uk)

Baca Juga : 13 Ide Desain Ruang Keluarga Minimalis untuk Keluarga Muda

5. Pemilihan Warna dan Pola Dinding

Anda dapat menciptakan ciri khas desain penataan ruang tamu Anda dengan sesuatu yang menarik secara visual. Misalnya dengan merancang dinding berpola di belakang sofa dengan warna, tekstur atau dekorasi dinding lainnya. Anda dapat menggunakan pelapis dinding seperti material kain, mural atau memasang lukisan berbingkai dan cermin di dinding berwarna cerah.

Cara Menata Ruang Tamu Pemilihan Warna dan Pola dinding
(sumber: commune design)

Anda dapat memberikan sedikit sentuhan warna lain ke dalam warna putih misalnya menggabungkan warna putih dengan warna oceanside dan ultraviolet. Kombinasi dari warna cat ruang tamu ini memberikan kesan yang memikat dan efek tiga dimensi.

Cara Menata Ruang Tamu Pemilihan Warna dan Pola dinding
(sumber: houzz.com)

Pemilihan warna memang akan memberikan kesan tersendiri untuk ruangan. Misalnya saja warna merah selalu memberikan kesan ruangan yang penuh energi, warna pastel memberikan keceriaan dan tidak mudah bosan. Sedangkan, warna-warna netral seperti abu-abu atau putih membuat ruang tamu akan terlihat rapi tanpa perlu banyak elemen tambahan untuk mempermanis ruangan.

Cara Menata Ruang Tamu Pemilihan Warna dan Pola dinding
(sumber: Graharupa Studio)

6. Pengaturan Pencahayaan

Ruang tamu memilik fungsi yang beragam tergantung pada kebutuhan yang Anda lakukan dan berpengaruh pada kebutuhan pencahayaan yang tepat. Waktu penggunaan ruangan juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan karena mempengaruhi jenis pencahayaan. Sistem pencahayaan yang tertata dengan baik dapat menjadi salah satu elemen dekoratif yang menarik.

Cara Menata Ruang Tamu dengan pengaturan Cahaya
(sumber: ruang komunal)

Penataan pencahayaan juga harus menyesuaikan dengan ukuran tamu. Beda ukuran ruangan tentu berbeda jumlah lampu yang digunakan untuk memenuhi kapasitas cahaya. Untuk ruang tamu yang besar Anda dapat menggunakan lampu gantung berukuran besar. Namun, baiknya jangan digunakan lampu gantung yang berlebihan bagi ruang tamu kecil karena justru akan membuat ruang terlihat sesak.

Cara Menata Ruang Tamu dengan pengaturan Cahaya
(sumber: ruangtamu.net)
Cara Menata Ruang Tamu dengan pengaturan Cahaya
(sumber: diminimalis.com)

Ada berbagai pilihan jenis dan warna lampu yang dapat digunakan untuk ruang tamu Anda. Apabila ruang tamu Anda tidak mendapatkan cahaya matahari, Anda dapat menggunakan lampu halogen karena pancaran cahaya lampu halogen seolah-olah memberikan suasana seperti siang hari. Kemudian, lampu yang berwarna kuning akan memberikan kesan hangat pada ruang tamu. Namun, jika ingin terlihat lebih alami, Anda dapat menggunakan lampu berwarna putih.

Nah, aspek-aspek diatas adalah mengenai bagaimana trik menata ruang tamu agar menjadi hunian yang lebih nyaman. Selain di ruang tamu, Anda juga dapat mengaplikasikannya di ruang keluarga.  Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Dzikei

Berawal dari pengalaman berkecimpung di dunia jasa pembuatan berbagai furniture seperti kitchen set, lemari dan beberapa item lain yang customized, saya memulai petualangan saya mencari berbagai macam ide untuk mengembangkan usaha saya. Dan dari situ saya pun membaca banyak tulisan tentang dunia desain rumah, terutama desain interior yang akhirnya saya tuliskan dalam blog ini. Semoga dengan menulis dan menyusun konten di blog ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

View all posts by Dzikei →