12 Ide Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik dan Keren

Ruang tamu biasanya terletak di bagian depan rumah, tidak lain untuk menyambut tamu yang berkunjung. Sehingga, ruang tamu ini menjadi salah satu ruangan yang menjadi highlight dari rumah Anda. Ruangan yang nyaman tidak harus selalu diisi banyak furniture atau dekorasi berharga mahal, melainkan dekorasi rumah sederhana saja sudah membuat tampilan yang menarik dan keren.

Pada artikel kali ini, akan dibagikan 12 ide untuk dekorasi ruang tamu Anda agar semakin menarik dan keren walaupun dengan sederhana.

1. Dekorasi Bingkai Hiasan Dinding

Anda bisa menambahkan hiasan dinding pada ruang tamu Anda sebagai dekorasi yang mempercantik dan terlihat menjadi semakin ‘hidup’. Misal saja dengan memasang hiasan dinding berupa foto keluarga, tulisan kata-kata Mutiara, lukisan, dan semacamnya,

Dekorasi Bingkai Hiasan Dinding
(sumber: apartmenttherapy.com)

Anda dapat menampilkan bingkai foto dengan berbagai macam finishing mulai dari yang berkesan kayu sampai mengkilap atau metalik. Rangkai hiasan dinding tersebut membentuk komposisi simetri dengan ukuran bingkai yang berbeda-beda. Perhatikan jarak antar bingkai agar dibuat konsisten sehingga tidak terlihat asal menumpuk atau berantakan.

2. Dekorasi Monokrom

Gaya monokrom masih menjadi pilihan yang cocok untuk semua usia maupun ukuran rumah, karena terbilang tidak berlebihan dan termasuk model ruang tamu sederhana namun tetap keren. Warna monokrom bisa diaplikasikan melalui perpaduan warna hitam, abu-abu, dan putih pada furniture utama dan beberapa tambahan dekorasi lainnya

Dekorasi monokrom
(sumber: apartmenttherapy.com)

Jika Anda tidak ingin ruang tamu monokrom terlihat sangat membosankan, Anda dapat menambahkan warna lain misalnya warna cokelat sebagai aksen sederhana pada bingkai foto atau memakai motif menarik pada sarung bantal.

Oh Ya Apabila Anda Memerlukan Sarung Bantal bisa Klik : Jual Sarung Bantal Kursi atau Sofa

3. Dekorasi Karpet

Menambahkan karpet menjadikan ruang tamu Anda makin terlihat manis. Pemakaian karpet sebagai dekorasi ini secara bersamaan dapat memberikan kesan berlapis yang meriah di ruang tamu Anda, seperti pada gambar di bawah ini.

Dekorasi Karpet
(sumber: apartmenttherapy.com)

Apalagi jika motif karpet Anda garis-garis dapat memberikan kesan luas pada ruang tamu Anda. Pilihan lainnya jika untuk rumah mungil, Anda dapat memilih karpet dengan warna yang lembut dan bermotif besar agar tercipta kesan ruangan yang lebih luas.

4. Dekorasi Warna Mint

Warna mint masih jarang digunakan untuk dijadikan tema menghias interior, padahal warna ini bisa mempercantik model ruang tamu Anda.

Dekorasi Warna Mint
(Sumber: decoist.com)

Warna mint terkesan kalem dan menciptakan suasana yang sejuk. Karena warnanya yang sudah menonjol, Anda tidak perlu menambahkan dekorasi secara berlebihan lagi.

5. Dekorasi Bantal Warna-Warni

Ketika menginginkan perubahan ruang tamu, mengubah sarung bantal kursi atau sofa adalah pilihan awal yang baik. Warna-warni dengan motif yang berbeda akan memberikan suasana baru untuk lingkungan sekitar.

Dekorasi Bantal Warna Warni
(Sumber: pinterest.com)

Bantal sofa bisa menunjukkan usaha Anda untuk membuat orang lain merasa nyaman dan warnanya yang beragam menunjukkan semangat Anda untuk menceriakan orang lain.

Baca Juga : Trik Mudah Cara Menata Ruang Tamu yang Wajib Anda Ketahui

6. Dekorasi dengan Kombinasi Banyak Warna

Warna cerah dan modern akan membuat ruang ramu bernuansa lebih ceria, seperti gambar di bawah ini.

Dekorasi dengan Banyak Warna
(sumber: dirumahku.com)

Anda dapat memadukan bantal dengan sarung warna-warni, lampu dengan kap bermotif, hiasan yang terpajang di dinding, dan tumpukan buku yang tertata rapi dengan warna yang berbeda.

7. Dekorasi dengan Gaya Skandinavia

Kunci utama gaya Skandinavia adalah penggunaan furniture yang tidak berlebihan, dominasi warna putih, alami dan berlantai kayu. Lantai bermotif kayu ini yang memberikan kesan natural.

Dekorasi Gaya Skandinavia
(sumber: pinterest.com)

Ruang tamu Skandinavia memang identik dengan sentuhan yang simple dan cerah. Penerapan ruang tamu dengan interior gaya Skandinavia cocok bagi Anda yang tidak suka direpotkan dengan urusan dekorasi.

8. Dekorasi Tirai yang Tinggi

Ketika Anda memilih tirai untuk dekorasi rumah sederhana, Anda tidak hanya mempertimbangkan warna dan bahannya, melainkan juga pertimbangan posisi tiang tirainya.

Dekorasi Tirai Yang Tinggi
(sumber: casaindonesia.com)

Tirai yang tinggi akan menciptakan nuansa ruangan yang lebih megah dan tinggi. Anda dapat menggantung tirai setinggi mungkin sehingga tercipta ilusi. Kalaupun jendela ruang tamu Anda kecil, dekorasi tirai yang tinggi ini akan menyembuntikan ukuran jendela tersebut.

9. Dekorasi Rak Terbuka

Tidak ada salahnya jika Anda ingin menampilkan sentuhan personal di ruang tamu, seperti menata rapi koleksi Anda di sebuah rak terbuka.

Dekorasi Rak Terbuka
(sumber: apartmenttherapy.com)

Anda dapat memanfaatkan koleksi pribadi sebagai dekorasi ruang tamu, seperti buku, benda-benda antik atau barang yang simple dan sederhana lainya. Gunakan rak dengan model yang terbuka untuk memajang hiasan ruang tamu tersebut. Ide ini dapat membuat ruang tamu Anda semakin menarik.

10. Dekorasi Tanaman Hias

Ide dekorasi selanjutnya adalah meletakkan tanaman hias indoor yang menciptakan nuansa yang menyegarkan pada ruang tamu Anda. Selain itu, juga baik bagi kesehatan dan psikologis karena dapat menjernihkan udara di dalam rumah sekaligus memberikan efek rileks bagi pemiliknya.

Dekorasi Tanaman Hias
(sumber: hipwee.com)

Penempatan tanaman hias ini dapat diletakkan pada sudut-sudut ruangan utuk mengisi celah-celah kosong. Pilihan lainnya dapat diselipkan diantara hiasan dinding atau koleksi di rak terbuka.

11. Dekorasi Cermin

Tips efektif  untuk membuat ruang tamu yang relative kecil menjadi terlihat lebih luas secara instant adalah memasukkan dekorasi cermin cantik di ruangan.

Dekorasi Cermin
(sumber: houzz.com)

Namun, Anda harus mengetahui titik-titik strategis untuk menggantung cermin di ruang tamu Anda. Anda dapat memilih antara satu cermin berukuran besar atau dapat juga dengan menyusun beberapa cermin berukuran kecil secara bersamaan. Selanjutnya, menempatkan cermin berdekatan atau tepat dengan sumber cahaya seperti berseberangan dengan jendela.

12. Dekorasi Lampu Gantung

Anda dapat memilih model lampu ruang tamu yang selaras dengan konsep dari ruangan tersebut.

Dekorasi Lampu Gantung
(sumber: dekorrumah.net)

Misalnya jika bertema minimalis maka, Anda dapat memilih lampu yang simple sederhana namun elegant. Sedangkan, untuk ruangan klasik disarankan memilih lampu hias yang sedikit glamour dan menimbulkan kesan hangat.

Demikianlah 12 ide dekorasi ruang tamu sederhana yang menarik untuk dijadikan inspirasi bagi rumah Anda. Semoga bermanfaat ya.

Tags: , ,