13 Ide Desain Ruang Keluarga Minimalis untuk Keluarga Muda

Salah satu tempat paling nyaman untuk bersantai dengan keluarga tentu adalah ruang keluarga. Ruang keluarga bisa menjadi tempat untuk bercengkerama, mengobrol, saling bertukar pikiran, dan kegiatan seru lainnya. Oleh karena itu, perlu didesain secara menarik dan eksklusif dengan memberikan style pada ruangannya.

Pada artikel kali ini, akan dibahas 13 ide desain ruang keluarga minimalis yang bisa menjadi inspirasi bagi keluarga Anda. Yuk, simak ya.

1. Ruang Keluarga Nuansa Abu-Abu

Warna abu-abu termasuk salah satu warna yang terbilang netral dan mudah menyatu dengan berbagai konsep desain interior. Termasuk ketika nuansa abu-abu dipadukan dengan gaya berikut.

Ruang Keluarga Nuansa Abu Abu
(Sumber: pinterest.com)

Perpaduan interior yang meliputi sofa dan cat dinding dipilih warna abu-abu mampu memberikan kesan hangat dan nyaman. Agar tidak menjadi membosankan, Anda dapat memberikan komposisi tambahan berupa kemurnian elemen warna putih dan warna terang seperti kuning pada dekorasi. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan aksen untuk coffee table yang mengangkat skema dengan kesederhanaannya.

2. Ruang Keluarga Bergaya Eklektik

Gaya eklektik merupakan metode menggabungkan berbagai aspek, ide, teori untuk membuat arsitektur terbaik. Kebanyakan pola yang sering digunakan adalah zigzag, garis vertical atau horizontal, dan lingkaran.

Ruang Keluarga Bergaya Eklektik
(sumber: wanita.me)

Untuk mendesain sudut ruang keluarga bergaya eklektik, Anda dapat menempatkan rak hias dan sebuah lukisan abstrak. Anda juga dapat memasukkan desain etnik misalnya, menjadikan motif batik, songket, atau kain tenun sebagai karpet, taplak penutup meja atau sarung bantal pada sofa.

Oh Ya Apabila Anda Memerlukan Sarung Bantal bisa Klik : Jual Sarung Bantal Kursi atau Sofa

3. Ruang Keluarga Bergaya Vintage

Penaatan desain interior yang tepat akan membuat ruang keluarga Anda yang bergaya vintage tetap tampil dengan nuansa unik, namun modern. Salah satunya, seperti pada gambar di bawah ini

Ruang Keluarga Bergaya Vintage
(sumber: houzz)

Desain furniture vintage secara umum berbahan kayu. Sebagai sentuhan akhir yang manis, Anda dapat menempatkan karpet dengan warna yang senada dengan sofa. Untuk dinding sengaja dipilih warna putih untuk memberi kesan luas dan terang. Aksesoris tambahan berupa foto atau poster berbingkai kayu yang ditata rapi. Selain itu, tanaman hias dengan pot yang memberi kesan jadul juga satu cara lain mempercantik ruang keluarga Anda yang bergaya vintage.

4. Ruang Keluarga Rustik Modern

Ruang Keluarga Rustik Modern
(sumber: polaruma.com)

Karakteristik yang melekat pada ruang keluarga minimalis ini ada pada atap dengan tampilan rustic yang memberi sentuhan unik. Sofa berbentuk L, coffee table mungil, karpet geometric, dan kabinet modern mendekorasi ruangan dengan sangat elegan.

5. Ruang Keluarga Bergaya Coastal

Jika keluarga Anda menyukai suasana pantai, gaya desain ruang keluarga berikut ini bisa menjadi pilihan tepat untuk diaplikasikan di rumah minimalis Anda.

Ruang Keluarga Bergaya Coastal
(sumber: decoria.net)

Bagaimana? Cantik bukan tampilan dari ruang keluarga diatas? Desain coastal ini terinspirasi dari hunian yang berada di dekat pantai. Penggunaan warna biru pada beberapa dekorasi menjadi karakter yang khas pada gaya coastal. Agar ruang keluarga Anda memperoleh pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup, jangan lupa untuk membuat jendela dengan ukuran yang besar

Baca juga : 12 Inspirasi Sarung Bantal Kursi & Sofa dengan Desain yang Kekinian

6. Ruang Keluarga Bergaya Bohemian Modern

Interior ruang keluarga bergaya bohemian modern cocok untuk keluarga muda yang ceria dan penuh semangat. Warna cerah dapat membuat interior ruang keluarga menjadi lebih hidup.

Ruang Keluarga Bergaya Bohemian Modern
(Sumber: overstock)

Seperti gambar di atas, unsur yang menonjol untuk menghadirikan gaya bohemian modern adalah karpet dengan rumbai di bagian ujung, throw blanket dari bulu sintetis, dan bantal warna-warni

7. Ruang Keluarga Kontemporer

Desain selanjutnya adalah menggunakan gaya kontemporer yang menampilkan konsep minimalis namun mewah.

Ruang Keluarga Bergaya Kontemporer
(sumber: onekindesign.com)

Furnitur kontemporer pada desain ruang keluarga minimalis ini memberi sentuhan sangat menarik. Sofa tebal tanpa kaki dan meja modular dari blok kayu dibuat menjadi focal point ruangan yang tentunya mencuri perhatian.

8. Ruang Keluarga Colorful

Ruang Keluarga Colorful
(sumber: astana-apartments.com)

Ruangan diatas memilik sentuhan warna yang mencolok baik dari sofa yang berwarna mustard maupun furnitur yang melengkapinya. Selain itu, bantal yang memenuhi sofa membuat ruang keluarga ini tampak sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat berkumpul bersama.

9. Ruang Keluarga Berwarna Pastel

Ruang keluarga yang memanfaatkan warna-warna hangat akan menciptakan suasana nyaman dan menenangkan, sangat cocok untuk bersantai di sore hari atau di akhir pekan. Selain itu, penggunaan warna pastel untuk ruang keluarga yang sempit akan menimbulkan efek keluasan ruang.

Ruang Keluarga Warna Pastel
(sumber: desaininterior.me)
Ruang Keluarga Warna Pastel
(sumber: desaininterior.me)

Ruang keluarga diatas menggunakan warna pastel yang terinspirasi dari macaron. Warna lembut seperti baby blue dan soft pink dipilih berdampingan dengan warna dasar putih. Hasil akhirnya menciptakan tampilan yang manis, rapi, dan feminim.

10. Ruang Keluarga Monokrom

Kombinasi warna hitam dan putih sebagai warna dasar dari sebuah ruangan mampu menciptakan kesan rumah minimalis modern yang elegan dan mewah.  Anda juga dapat menambahkan warna-warna lain yang kontras seperti gambar di bawah ini.

Ruang Keluarga Monokrom
(sumber: pinterest.com)

Ruang keluarga ini sengaja memainkan warna hitam putih dengan beberapa sentuhan warna kontras pada bantal dan hiasan dinding. Sebagai pelengkap, tampak juga kursi bulat bermotif bunga yang lucu membuat ruangan menjadi semakin homey.

11. Ruang Keluarga Tanpa Sofa

Ruang keluarga tidak wajib dilengkapi dengan sofa atau kursi, Anda dapat menggantinya dengan karpet bulu tebal dengan bean bag yg bervariasi, seperti gambar di bawah ini.

Ruang Keluarga Tanpa Sofa
(sumber: idntimes.com)

Ruang keluarga dengan desain seperti diatas sangat cocok bagi keluarga muda yang senang dengan suasana santai.

12. Ruang Keluarga Shabby Chic

Shabby chic memiliki peminat yang cukup banyak sekarang ini. Memiliki beragam warna cerah dan juga pastel membuat ruangan terasa lebih ceria. Selain itu, patter ini yang diusung pada style ini biasanya adalah floral pattern.

Ruang Keluarga Shabby Chic
(sumber: idntimes.com)

Sofa warna ungu cerah ditempatkan untuk Anda dan keluarga menonton TV bersama atau hanya sekedar bercengkerama dengan menghirup udara segar. Ruangan ini menggunakan rolling door sebagai sekat antara ruang keluarga dan taman, wallpaper bata warna putih melapisi dinding ruangan. Anda dapat memanfaatkan open ladder putih sebagai tempat aksesoris.

13. Ruang Keluarga Gaya Tropical

Apakah Anda tertarik menghadirkan suasana natural pada ruang keluarga? Iya kenapa tidak? Karena desain natural atau gaya tropical ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi siapapun yang berada di dalam ruangan tersebut.

Ruang Keluarga Bergaya Natural
(sumber: theglitterguide.com)

Anda dapat menambahkan beberapa tanaman hias untuk menciptakan kesan segar dan lebih hidup. Selain itu, gaya tropical ini dapat meningkatkan mood. Pilihan lain untuk menghadirkan unsur alam ke dalamnya seperti menempatkan aquarium atau kolam ikan dalam ruangan.

Demikianlah ulasan dan ide desain ruang keluarga minimalis yang dapat menjadi inspirasi bagi keluarga muda. Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk mendesain ruang keluarga di rumah Anda.

Tags: , , ,