12 Inspirasi Desain Taman Depan Rumah Untuk Lahan Sempit

Hijaunya tanaman tentu membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan segar. Memiliki taman atau sekedar deretan pot tanaman hijau yang tertata kini menjadi tren gaya hidup serba sehat. Selain itu, hadirnya tanaman di rumah juga memperbaiki sirkulasi udara.
Yuk simak berikut ini adalah sederet inspirasi desain taman depan rumah untuk lahan sempit namun, tetap maksimal keindahannya.

1. Taman Vertikal
Desain taman minimalis yang pertama ini mungkin sudah sering diterapkan karena merupakan solusi jitu untuk menyiasati keterbatasan lahan.

Taman Vertikal
(sumber: rumahbagusminimalis.com)

Pilihan untuk menambahkan taman vertikal di depan rumah Anda dapat ditempuh dengan tiga cara, yaitu menjajar pot di dinding, menanam tanaman rambat, dan menggunakan pot gantung.

Taman Vertikal
(sumber: rumahpedia.info)

Ketika Anda ingin menjajarkan pot di dinding, Anda dapat meletakkan pot berisi tanaman pada papan kayu atau menggantung pot pada dinding secara zig-zag. Kemudian, untuk memaksimalkan ruang yang ada silakan pilih ukuran pot yang relatif kecil dengan warna bunga yang berona cerah sehingga menciptakan mood yang menyenangkan di pagi hari.

2. Taman sebagai Tempat Bersantai
Meskipun dengan lahan yang terbatas, Anda dapat memanfaatkannya sebagai tempat bersantai yang nyaman untuk keluarga. Tempat tersebut dapat diciptakan dengan penggunaan furniture outdoor seperti kursi atau sofa dan meja.

Taman Untuk Bersantai
(sumber: pinterest)

Anda dapat meletakkan furniture outdoor di posisi dengan pemandangan menyeluruh.

Taman Untuk Bersantai
(sumber: gardendesignmagazine.com)

Sehingga, Anda dapat menikmati keasrian dan kesejukan taman walaupun dengan ukuran yang mini. Apalagi hijaunya dan warna-warni bunga yang tumbuh menjadi pusat relaksasi, seperti sarapan pagi atau menikmati sesruput teh saat weekend.

3. Taman Kering
Disebut taman kering karena mengganti rerumputan dengan kerikil. Taman ini relative lebih mudah perawatannya karena Anda cukup menyiram tanaman di pot.

Taman Kering
(sumber: casaindonesia.com)

Selain itu, biasanya taman kering akan dipenuhi dengan tanaman berdaun tebal atau berisi air di dalamnya seperti kaktus atau sukulen.

Taman Kering
(sumber: pinterest)

Penerapan taman kering cocok untuk area rumah yang kurang pancaran matahari karena sinar matahari yang kurang akan berpengaruh pada pertumbuhan rumput semakin lambat. Jika area taman Anda tertutup dengan rumah tetangga, Anda dapat menggunakan lantai kayu atau batu kerikil putih.

4. Taman Jalan Setapak
Dengan lahan yang sempit, Anda dapat membuat taman depan dengan memberikan jalan setapak di tengah-tengah rerumputan.

Taman Jalan Setapak
(Sumber: brilio.net)

Jalan setapak dapat dibuat dari cetakan beton atau batu untuk menciptakan area alur setapak yang cantik di taman. Selain terlihat cantik, rumput jadi aman dari injakan kaki.

Taman Jalan Setapak
(Sumber: Pinterest.com)

Jika ingin lebih menarik lagi, Anda dapat menggunakan batu alam warna-warni atau batu dengan motif tertentu.

5. Taman Ala Bali
Jika Anda menyukai nuansa pantai, kursi menyerupai ayunan atau hammock bisa menjadi ide menarik untuk membuat taman bersantai serasa di pantai Bali. Taman seperti ini cocok untuk anak-anak serta jamuan ketika sahahat berkunjung membuat suasana menjadi lebih akrab.

Taman Ala Bali
(Sumber: casaindonesia.com )

Yang perlu diperhatikan adalah pondasi harus dipastikan kuat untuk menahan beban hammock, bisa berupa tiang atau pohon.

6. Taman Kolam Ikan
Inspirasi berikutnya adalah Anda dapat membuat oase pribadi dengan adanya kolam ikan di area taman depan. Tidak perlu lahan luas, Anda sudah dapat memaksimalkan model kolam ikan ditambah dengan aplikasi air mancur mini.

Taman Kolam Ikan
(sumber: polarumah.com)

Gemiricik air mancur mini dengan beragam ikan warna-warni rasanya ampuh menghidupkan atmosfer relaks untuk mengurangi tingkat stress.

Taman Kolam Ikan
(sumber: topinspired.com)

Meskipun sederhana, namun sudah dapat berhasil membuat tampilan taman rumah Anda tampak lebih indah.

7. Taman Ala Jepang
Desain taman depan ala jepang identik dengan gabungan ornament antara rerumputan, pohon, semak-semak, dan bebatuan.

Taman Ala Jepang
(sumber: propertyinside.id)

Walaupun dengan elemen-elemen yang sangat sederhana, gaya taman ini menciptakan suasana yang sangat asri dan damai.

Taman Ala Jepang
(sumber: architectureartdesigns.com)

8. Taman Beraksen Seni
Jika keluarga Anda termasuk penikmat seni, jangan ragu untuk menuangkannya pada desain taman. Anda dapat menyematkan patung artistic sebagai aksen yang menarik dan unik di taman. Atau dekorasi unik yang menempel pada dinding pagar seperti gambar berikut.

Taman Beraksen Seni
(sumber: casaindonesia.com)

Namun, Anda juga harus memastikan patung dan furniture kesenian lain tersebut diletakkan pada tempat yang kuat dengan perubahan cuaca. Pilihan lainnya, Anda dapat memberikan pelindung dari hujan atau cahaya matahari langsung.

9. Taman Lampu
Selanjutnya inspirasi desain taman depan rumah agar terasa megah adalah dengan permainan lampu. Efek lampu yang dramatis dan redup menjadi pilihan untuk membuat tampilan beda pada taman rumah Anda meskipun dengan lahan yang terbatas.

Taman Lampu
(sumber: forum.rumah123.com)

Pemilihan lampu bisa beragam seperti lampu gantung, lampu sorot, lampu dinding, maupun standing lamp yang diletakkan di samping jalan setapak layaknya pagar.

Taman Minimalis denga Hiasan Lampu
(sumber: rumahbagusminimali.com)

Untuk hasil yang menawan, Anda dapat menonjolkan bagian tertentu sebagai aksi spotlight.

Baca Juga : Tahapan Cara Membuat Taman Depan Rumah Singkat Dan Jelas

10. Dinding Air Terjun
Jika Anda memiliki lahan yang sempit, tidak perlu khawatir karena Anda dapat memanfaatkan dinding sebagai air terjun mini di sudut bersama tanaman hijau.

Dinding Air Terjun
(sumber: srilankalandscaping.com)

Air terjun bertingkat seperti gambar diatas sangat menarik untuk diaplikasikan pada dinding taman depan rumah. Selain itu, jangan lupa untuk menambah beberapa jenis tanaman segar di sekitarnya. Desain tersebut akan membuat rumah terasa memiliki air terjun di alam bebas.

11. Taman di Tangga Depan Rumah
Bagaimanapun kondisi rumah Anda, taman rumah bisa dihadirkan sekecil apapun. Jika Anda mempunyai terlalu banyak pot tanaman, Anda dapat meletakkan sebagian di atas tangga depan rumah.

Taman di tangga depan rumah
(sumber: renovasi-rumah.net)

Trik ini juga untuk mensiasati jika ukuran taman depan rumah Anda tidak memungkinkan untuk menampung semua pot tanaman.

Taman di tangga depan rumah
(sumber: bestofcroatia.eu)

12. Taman Depan sebagai Pembatas Pagar
Taman depan rumah yang cantik tidak diharuskan berukuran luas atau terdiri dari beragam tanaman. Begitu juga untuk menciptakan suasana asri tidak perlu banyak tanaman. Anda cukup menempatkan beberapa tanaman hijau di area pembatas sepert ini.

Taman Pembatas Pagar
(Sumber: rumah.com)

Tanaman-tanaman tersebut bisa menjadi pagar alami sekaligus menambah nilai estetika taman depan rumah Anda.

Taman Pembatas Pagar
(i.ytimg.com)

Nah, itu dia sejumlah inspirasi desain taman depan rumah yang cantik dan menawan meskipun pada lahan yang sempit atau terbatas. Bagaimana? Manakah yang paling sesuai dengan selera Anda?

Tags: , ,