Trik Lengkap Menata Taman Depan Rumah Agar Terlihat Cantik & Indah

Menata taman depan rumah merupakan salah satu poin penting untuk menjaga estetika rumah secara keseluruhan. Konsep modern atau minimalis, rumah Anda tetap membutuhkan taman depan sebagai pelengkap. Walaupun mungkin taman depan rumah Anda terbilang taman mungil dan terbatas, namun dengan Anda menatanya tentu akan memberikan sentuhan yang asri dan sejuk.

Ada banyak ide yang dapat Anda implementasikan dengan memanfaatkan ruang kosong yang tersedia meskipun sempit. Misalnya, dengan menambahkan kolam ikan minimalis, taman bunga, atau taman bermain sederhana.

Nah, artikel kali ini akan membahas bagaimana trik menata depan rumah agar selalu terlihat cantik dan indah. Simak terus penjelasan berikut ini ya.

1. Kebersihan Taman
Hal utama yang tidak boleh lalai diperhatikan untuk menata taman depan rumah tentunya soal kebersihan. Bagaimanapun model dan jenis taman yang dibuat, kebersihan adalah kunci utama untuk menjaga keindahan dan kenyamanan.

Kebersihan Taman Minimalis Depan Rumah
(sumber: renoguide.com.au)

Menjaga kebersihan taman diantaranya dengan memastikan tidak ada sampah yang berserakan di depan rumah, melakukan perawatan taman dari hama dan gulma.

Kebersihan Taman Minimalis Depan Rumah
(Sumber: thegardeninspiration.biz)

2. Teknik Edging sebagai Batas
Trik menata taman menggunakan teknik edging ini adalah dengan memberi marka atau pembatas yang fungsinya untuk memperjelas area taman. Pada umumnya, yang digunakan sebagai bahan edging adalah material padat seperti batu, bata atau bahan padat lainnya.

Teknik Edging Untuk Taman Minimalis
(sumber: homethestics.com)

Dalam menata taman depan minimalis dengan area terbatas, edging akan memberikan kesan yang lebih rapi, teratur, dan indah. Selain itu, Teknik edging juga akan mempermudah Anda menata taman dalam sehari-harinya.

Baca Juga : 10 Ide Taman Minimalis Untuk Rumah Tipe 36

3. Menanam secara Berkelompok
Trik berikutnya untuk menata taman depan rumah Anda yaitu memilih varietas tanaman kecil untuk ditanam secara berkelompok. Sehingga, akan memperlihatkan desain taman yang lebih tertata dan indah dipandang.

Menanam Secara Berkelompok  Untuk Taman Minimalis
(Sumber: pinterest.com)

Trik ini Anda dibebaskan untuk berkreasi sesuka hati dengan memadukan berbagai macam tanaman. Kemudian, dalam memposisikan tanaman bisa terlebih dahulu ditanam dalam pot dan mengaturnya sesuai dengan posisi yang telah Anda rencanakan. Selain itu, Anda juga harus memastikan kombinasi warna dan tekstur tanaman yang menarik.

4. Memanfaatkan Pot Gantung
Khusus bagi lahan taman depan yang terbatas, tidak ada salahnya Anda memaksimalkan lahan sempit dengan memanfaatkan berbagai pot gantung. Trik ini bisa menjadi solusi efektif untuk menata taman depan rumah Anda yang sangat hemat tempat.

Memanfaatkan Pot Gantung Untuk Taman Depan Rumah
(Sumber: coachdekor.com)

Anda dapat memanfaatkan tanaman hias dalam pot gantung dan mencantolkan pada langit-langit teras rumah, dinding atau bisa juga di pagar taman.

Memanfaatkan Pot Gantung Untuk Taman minimalis Lahan Terbatas
(Sumber: Pinterest.com)

Variasi pot gantung yang menarik tentu menjadi trik tersendiri untuk menyukseskan usaha Anda menata taman depan rumah.

Baca juga : 10 Jenis Tanaman Hias Gantung Untuk Mempercantik Rumah Anda

5. Memainkan Pencahayaan
Selain 4 trik diatas, trik berikutnya adalah mempercantik taman depan rumah Anda dengan menambahkan sistem pencahayaan yang mampu memberikan ilusi luas pada area tersebut.

Memainkan Pencahayaan UNtuk Dekorasi Taman
(Sumber: renoguide.com.au)

Misalnya, Anda dapat menggunakan lampu pijar di sudut taman depan rumah Anda. Atau bisa dengan lampu led yang berwarna sebagai variasi agar tidak terlalu monoton. Biasanya lampu taman depan rumah menyorot dari bawah ke atas, namun sebenarnya Anda juga bisa memilih lampu taman yang menggunakan sorot sebaliknya, yaitu dari atas ke bawah.

Memainkan Pencahayaan Untuk Taman Minimalis Sederhana
(Sumber: gowritter.com)

Selain itu, Anda dapat menentukan terlebih dahulu akan menggunakan lampu taman yang ditanam atau lampu taman berdiri. Jika menggunakan lampu yang ditanam, Anda dapat menempatkannya di beberapa bagian, seperti di bagian tengah taman atau tepat di bawah tanaman tertentu untuk menghasilkan efek dramatis.

Sedangkan, jika Anda memilih menggunakan lampu berdiri, Anda dapat menempatkannya di area tengah sebagai poros jika lampu lebih rendah dari tinggi tanaman. Namun, jika lampu lebih tinggi dibanding tanaman, lampu lebih baik ditempatkan di bagian pojok agar tidak mengganggu pandangan.

6. Menata dengan Gaya Stone Garden
Jika Anda cenderung tidak punya banyak waktu untuk merapikan taman depan naun tetap ingin memiliki taman hijau, Anda dapat mencoba konsep stone garden. Gaya ini akan lebih banyak diisi oleh bebatuan. Untuk menghindari kesan monoton Anda dapat memilih batuan dengan warna dan jenis yang berbeda.

Menata dengan Gaya Stone Garden Taman Minimalis
(Sumber: Decorcozy.co)

Jika Anda tidak begitu suka dengan bebatuan karena mungkin akan terlihat gersang, Anda dapat mengganti bebatuan ini dengan konblok. Adapun beberapa jenis konblok memiliki celah untuk tumbuhnya rumput.

7. Kolam Ikan Minimalis
Anda dapat memaksimalkan area eksterior dengan menata taman depan rumah dengan kolam ikan minimalis, terutama bagi Anda yang menyukai suara gemericik air karena dapat mendatangkan kenyamanan dan ketenangan.

Kolam Ikan Minimalis
(Sumber: pinterest.com)

Anda dapat meletakkan kola mikan minimalis ini di tengah ataupun di pojok taman sesuai selera Anda. Setelah itu, Anda dapat menambahkan beberapa bunga agar menjadikan taman terlihat semarak dan lebih hidup.

Itulah beberapa trik yang perlu diperhatikan untuk menata taman depan rumah agar terlihat cantik dan indah. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda dan keluarga.

Tags: , ,