Renovasi Rumah Minimalis

4 Tips Hemat Renovasi Rumah Minimalis

Merenovasi rumah dapat menjadi tantangan dalam berbagai sisi. Terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam renovasi rumah minimalis, mulai dari biaya, waktu, dan yang tidak kalah penting adalah estetika yang ingin Anda capai untuk rumah Anda. Bagi Anda yang menyukai ruangan yang rapi dan tidak memiliki banyak elemen pada ruangan tersebut, gaya minimalis adalah gaya yang cocok untuk Anda.

Rumah minimalis dapat digambarkan sebagai desain yang clean dan sederhana yang menghindari dan menghilangkan segala sesuatu yang tidak perlu. Uniknya, kunci dari sebuah desain yang sederhana malah memiliki proses yang rumit. Hal ini mungkin terasa tidak masuk akal karena banyak yang menganggap bahwa semakin banyak yang dimasukkan ke dalam sebuah desain, semakin baik tampilannya.

Untuk renovasi rumah dengan gaya minimalis, kuncinya adalah “less is more”. Inilah cara Anda dapat mewujudkan gaya minimalis dalam renovasi rumah Anda.

4 Langkah Tepat Dalam Renovasi Rumah Minimalis

1. Optimalkan Furniture Anda

Rak Sepatu Vertikal untuk tips renovasi rumah minimalis
Sumber Gambar : amazon.com

Mengoptimalkan furniture Anda dapat diartikan dengan mengurangi ukuran furnitur dan menggantinya dengan more space. Contohnya, Bila meja Anda terlalu besar untuk ruang tamu Anda, Anda dapat menggantinya dengan yang lebih ramping. Bila Anda ingin membeli rak sepatu horizontal, coba untuk melihat rak sepatu yang dirancang secara vertikal, sebab furnitur yang tersusun ke atas akan lebih optimal dalam menghemat ruang. Saat ini, Anda perlu membayangkan bagaimana caranya Anda dapat memperluas ukuran ruangan ketika Anda mengurangi ukuran setiap furniture. Namun, tentu saja tanpa mengurangi fungsinya.

2. Pilih Skema Warna Yang Sederhana

Warna Cat Netral untuk tips renovasi rumah minimalis
Sumber Gambar : unsplash.com

Warna pada dasarnya memancarkan berbagai jenis emosi, coba Anda bayangkan bagaimana rasanya memiliki semua warna pelangi dalam satu ruangan. Untuk membayangkannya saja Anda kesulitan bukan? Untuk rumah minimalis, warna yang netral atau sederhana akan jauh lebih disukai dibanding rumah yang terlihat seperti pelangi. Pada poin ini, Anda perlu menyusun warna dengan cerdas, sebisa mungkin hilangkan warna-warna yang asing. Karena, rumah minimalis tandanya rumah tersebut harus sederhana, sehingga memilih dua hingga tiga warna pun sudah cukup. Dengan begitu, skema warna ini juga penting untuk proses Anda memilih perabotan, dan jangan lupakan barang-barang pelengkap seperti bantal sofa.

3. Fokus pada Fungsi

Kursi Lipat untuk tips renovasi rumah minimalis
Sumber Gambar : casefurniture.com

Pada poin ini, Anda perlu mencatat bahwa barang-barang dan furnitur di dalam ruangan harus melengkapi fungsinya. Desain rumah minimalis lebih berfokus pada apa yang diperlukan agar ruangan berfungsi. Misalnya, terlalu banyak hiasan rumah yang sebenarnya tidak dibutuhkan tidak meningkatkan fungsionalitas area tersebut. Malah hal tersebut dapat menambah lebih banyak kekacauan di ruangan tersebut. Kurangi hal-hal yang tidak dibutuhkan, paling tidak Anda dapat menaruhnya di tempat penyimpanan barang yang tidak mudah terlihat. Kemudian bila Anda sudah lebih mendalami hidup minimalis, Anda dapat menyingkirkan barang-barang yang tidak penting tersebut dari rumah Anda.

Contoh lainnya adalah bila Anda memiliki kursi makan yang lebih banyak dari jumlah keluarga. Anda dapat mengganti kursi-kursi tambahan tersebut dengan kursi lipat yang dapat Anda simpan di ruang penyimpanan dan Anda keluarkan hanya saat dibutuhkan. Kemudian, sering kali kita membeli suatu furniture hanya sebagai pelengkap furniture lainnya, seperti sofa kecil untuk melengkapi sofa utama. Kali ini, Anda harus mempertanyakan kembali kepada diri Anda, apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Bila sofa tersebut datang dalam satu paket, Anda tidak harus membuang sofa tersebut atau kebingungan, Anda dapat memisahkan kedua sofa tersebut dari ruangan yang sama. Menyingkirkan dari ruangan tidak selalu menyingkirkan dari rumah tersebut.

4. Memanfaatkan Tempat Penyimpanan

Box Custom untuk tips renovasi rumah minimalis
Sumber Gambar : unsplash.com

Untuk memiliki rumah minimalis, Anda harus “menyembunyikan” sesuatu yang tidak penting untuk dilihat di ruangan tersebut. Namun, bagaimana caranya Anda menyembunyikan tanpa membuang barang-barang tersebut, karena kenyataannya Anda masih membutuhkannya. Cara yang paling sederhana adalah memanfaatkan tempat kosong untuk penyimpanan. Tempat kosong yang dimaksud adalah tempat yang dapat tertutup dan tidak terlihat dari luar. Contohnya, memanfaatkan ruang bawah tangga atau bahkan space dibawah tempat tidur Anda. Memanfaatkan ruang kosong ini tidak selalu mengharuskan Anda untuk membangun lemari penyimpanan custom dengan tukang bangunan. Seperti tempat penyimpanan di bawah kasur dapat Anda buat dengan box yang Anda lapisi dengan kain atau kertas kado.

Bagi Anda yang menginginkan renovasi rumah minimalis, ikuti beberapa poin diatas dan Anda pasti akan merasakan bedanya dari desain rumah Anda sebelumnya. Hasilnya Anda akan mendapatkan ruangan yang fungsional dengan tampilan yang simple dan praktis, pastinya juga santai dan tenteram.

Gudangnya Rumah Minimalis dan Properti Baru di Indonesia

Trend rumah saat ini lebih banyak ke arah minimalis tapi terlihat lega. Banyak developer ternama yang mengimplementasikan trend desain ini kedalam cluster-cluster terbaru mereka sebut saja seperti Sinarmasland, Alam Sutera, Paramount,dan Summarecon Serpong. Kini untuk melihat perumahan dan cluster-cluster minimalis karya developer tersebut sangatlah mudah. Lewat online Anda bisa melihat spesifikasi rumah minimalis idaman Anda, salah satunya website CariProperti.

CariProperti menawarkan pengalaman baru dalam mencari rumah dan properti idaman Anda. Mulai dari cari tahu rumah yang dekat dengan landmark tertentu, perhitungan simulasi KPR, hingga Customer Service yang siap menjawab pertanyaan calon konsumen dengan detail. Tak hanya itu, CariProperti juga menawarkan berbagai promo menarik kepada konsumen di setiap pembelian rumah maupun properti lainnya

Dzikei

Berawal dari pengalaman berkecimpung di dunia jasa pembuatan berbagai furniture seperti kitchen set, lemari dan beberapa item lain yang customized, saya memulai petualangan saya mencari berbagai macam ide untuk mengembangkan usaha saya. Dan dari situ saya pun membaca banyak tulisan tentang dunia desain rumah, terutama desain interior yang akhirnya saya tuliskan dalam blog ini. Semoga dengan menulis dan menyusun konten di blog ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

View all posts by Dzikei →