Taman Minimalis Samping Rumah

32 Desain Taman Minimalis Cantik dan Asri

Impian untuk melengkapi area hijau yang tampak asri sebagai tempat koleksi tanaman hias di rumah itu mudah. Meskipun dengan ukuran lahan rumah yang terbatas, Anda tetap dapat membuat desain taman minimalis yang sesuai keinginan. Berikut adalah beragam inspirasi untuk Anda tentang taman minimalis cantik dan asri,

32 Ide Desain Taman Minimalis Untuk Rumah Anda

1. Taman Minimalis Depan Rumah

Memiliki taman minimalis di depan rumah tentu sangat menguntungkan karena akan membuat suasana rumah menjadi terlihat lebih sejuk, nyaman serta asri. Taman depan rumah tidak harus berukuran luas dan memiliki beragam tanaman. Sejumlah pot tanaman hias secara paralel atau digantung di teras rumah ini pun bisa membuat taman minimalis menjadi cantik dengan memaksimalkan ruangan yang tersedia.

Taman Minimalis Depan Rumah

Selain itu, sebagai pilihan lain bahwa sebuah taman tidak selalu dipenuhi dengan bunga warna-warni. Contohnya berikut hamparan rumput juga sudah menciptakan suasana asri.

Taman Minimalis Depan Rumah

Agar semakin tertata rapi dan tidak ada rumput yang terinjak, buatlah jalan setapak untuk taman minimalis milik Anda. Jika ingin membuat tampilan menjadi lebih menarik, Anda dapat menggunakan batu alam warna-warni atau pilihan motif tertenu.

2. Taman Minimalis Belakang Rumah

Taman di area belakang rumah adalah lokasi yang paling strategis untuk membangun ruang santai keluarga yang privat. Konsep yang bisa diaplikasikan pun sangat beragam dan sangat bisa disesuaikan dengan keinginan. Gambar taman minimalis belakang rumah satu ini bisa jadi salah satu contohnya.

Taman Minimalis Belakang Rumah

Anda dapat menyulap lahan tersisa di belakang rumah menjadi taman minimalis dengan  sejumlah tanaman dan pepohonan kecil.

Taman Minimalis Belakang Rumah

3. Taman Minimalis dalam Rumah

Jika Anda merasa bosan dengan taman outdoor, mungkin itu saatnya Anda memilih taman minimalis di dalam rumah. Anda dapat memilih tema padang pasir seperti gambar di bawah ini. Tidak perlu khawatir, pilihan tanaman indoor pun banyak tersedia dan beraneka ragam jenisnya.

Taman Minimalis dalam Rumah

Taman di dalam rumah juga dapat dijadikan alternatif penjernih udara. Anda dapat memanfaatkan area kosong dekat jendela untuk mempermudah sistem pencahayaan alami yang dibutuhkan oleh tanaman.

Taman Minimalis dalam Rumah

4. Taman Rumah Minimalis type 36

Sebagai rumah yang tidak tergolong besar, rumah minimalis type 36 biasanya tidak memiliki sisa lahan cukup luas sebagai halaman. Namun tenang saya, Anda tetap dapat membangun taman  minimalis dengan jenis tanaman, elemen pendukung serta desain yang tepat.

Taman Rumah Minimalis type

Teras rumah minimalis type 36 pada umumnya dipenuhi dengan beberapa tanaman serta rerumputan.

Taman Rumah Minimalis type

5. Taman Minimalis Samping Rumah

Samping rumah yang biasanya kosong bisa juga lho Anda percantik dengan memberikan sentuhan taman mungil seperti ini.

Taman Minimalis Samping Rumah

Anda bisa mengaplikasikan dinding dramatis yang dicat berbagai warna, lalu hiasi dengan tanaman di area dinding, sudut dan juga di lantai. Setelah itu, jangan lupa untuk memasang pencahayaan yang tidak kalah dramatis ya. Nah, ada lagi inspirasi berikut ini untuk menghiasi area samping rumah, Anda dapat memadukan lantai kayu dengan berbagai ukuran dan bentuk tanaman.

Taman Minimalis Samping Rumah

Kemudian, jangan lupa untuk menambahkan kursi dan meja sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

6. Taman Kering Minimalis

Inspirasi taman kering satu ini didominasi oleh dekorasi berupa pot yang terbuat dari tanah liat. Warna alami tanah liat ini sengaja memberikan nuansa yang hangat dan kesan alami. Selain itu, pot dari tanah liat ini bisa digunakan untuk mengelompokkan jenis tanama agar terlihat lebih rapi.

Taman Kering Minimalis

Anda juga dapat memanfaatkan area bawah tangga lho untuk dijadikan taman kering indoor. Jangan lupa untuk memilih tanaman hijau yang tidak membutuhkan banyak air dan sinar matahari karena tanaman di dalam ruangan tidak terkena sinar matahari langsung. Anda dapat memilih tanaman seperti sukulen dan kaktus. Tutupi permukaan tanah menggunakan bebatuan untuk mensiasati agar tidak mengotori bagian dalam rumah.

Taman Kering Minimalis

7. Taman Minimalis Batu Alam

Anda dapat memainkan area belakang rumah dengan kolam ikan minimalis dengan batu alam dan tanaman hias seperti contoh gambar di bawah ini.

Taman Minimalis Batu Alam

Perpaduan kolam ikan, bebatuan dengan tanaman akan memberikan kesan yang menyatu ke alam sehingga sejuk dan segar pada hunian. Saat ini sudah banyak rumah minimalis yang menerapkan desain taman di lahan sempit satu ini karena relatif lebih mudah perawatan.

Taman Minimalis Batu Alam

Meski demikian, Anda tetap bisa meletakkan kursi teras minimalis untuk bersantai di sore hari.

8. Taman Minimalis di Lahan Sempit

Seringkali area terbuka yang tersisa di rumah hanya ada di bagian depan dengan luas yang terbatas. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menerapkan desain minimalis sebagai taman di lahan sempit satu ini.

Taman Minimalis di Lahan Sempit

Kuncinya adalah menjadikan area taman terlihat menyatu dengan area di sekitarnya. Penggabungan dengan area teras depan rumah adalah solusinya. Berikutnya, kehadiran unsur air di taman juga berhasil menambah kesan sejuk pada rumah. Nah, elemen air berupa kolam bisa juga lho dihadirkan pada desain taman minimalis di lahan sempit seperti ini.

Taman Minimalis di Lahan Sempit

9. Taman Sudut Rumah Minimalis

Bukan hanya dari segi visual, hadirnya tanaman di dalam rumah juga berfungsi memperbaiki sirkulasi udara. Salah satu inspirasi taman di sudut rumah adalah penempatan taman indoor dengan memanfaatkan area kosong di bawah tangga.

Taman Sudut Rumah Minimalis

Perawatan dari taman indoor ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyiram tanaman sesekali dalam seminggu. Selain memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga, Anda dapat menghadirkan roaster pada hunian sebagai secondary skin.

Taman Sudut Rumah Minimalis

Sebagai catatan bahwa Anda harus membersihkan lubang yang terbuat dari semen dan pasir ini minimal  2 kali dalam setahun untuk dapat menyalurkan udara segar ke dalam rumah.

10. Taman Vertikal Minimalis

Desain taman minimalis yang satu ini mungkin sudah sering diterapkan. Untuk menyiasati keterbatasan lahan, membuat taman vertikal bisa menjadi solusi jitu. Anda dapat menempatkan susunan pot-pot tanaman secara vertikal di area dinding seperti berikut ini.

Taman Vertikal Minimalis

Selain dengan cara menggantung berbagai jenis tanaman, taman vertikal juga bisa diciptakan dengan bantuan rak-rak kotak di dinding. Keuntungannya akan membuat hunian memiliki tampilan yang lebih rapi dan dapat menampung lebih banyak tanaman di dalamnya.

Taman Vertikal Minimalis

11. Taman Bonsai Minimalis

Taman rumah dengan bonsai sangat dominan untuk membuat tampilan hunian semakin menarik. Sebab bentuknya yang unik dan sudah dikenal sebagai tanaman hias yang banyak digemari di berbagai kalangan.

Taman Bonsai Minimalis
Taman Bonsai Minimalis

12. Taman Dinding Minimalis

Dinding di rumah dapat dijadikan lukisan dengan beberapa tanaman lho. Ini disebut dengan kreasi taman dinding yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk memberikan suasana fresh di rumah. Tanaman yang cocok sebagai taman dinding diantaranya bunga Alamanda, bunga Melati, dan tanaman merambat. Sementara itu, jenis dedaunan Anda dapat menggunakan kumis kucing, tanaman pakis, bunga Anggrek, dan masih banyak lagi.

Taman Dinding Minimalis

Unik sekali ya desain taman dinding minimalis di atas, berbentuk seperti pohon dengan beberapa pot tanaman dari tanah liat. Agar lebih menarik, tambahkan lampu-lampu kecil di sekitarnya. Ada juga taman dengan sistem lumut untuk dijadikan pilihan taman dekoratif untuk interior dinding.

Taman Dinding Minimalis

Anda dapat mengaplikasikan pole moss, flat moss, dan reindeer moss yang digunakan secara bersamaan dengan tanaman hias artificial. Media tanamnya dapat berupa pot, kantong, papan busa, atau PVC board. Keuntungan taman dinding dengan model ini adalah sifatnya antiserangga dan hama sehingga minim perawatan.

13. Taman Gantung Minimalis

Tidak punya lahan untuk meletakkan pot tanaman kesayangan Anda? Tidak perlu bingung, Anda dapat menggantungkan pot-pot tersebut di area depan rumah, sehingga tercipta taman gantung minimalis. Pilih saja pot berukuran kecil dan rantai besi sebagai penggantung.

Taman Gantung Minimalis

Jika Anda memiliki anak kecil yang aktif bermain di luar ruangan, pastikan pot-pot tersebut digantung jauh dari jangkauan mereka ya. Beberapa tanaman yang cocok untuk menghiasi pot ini adalah aneka jenis bunga gantung dan tanaman herbal.

Baca Juga : 10 Jenis Tanaman Hias Gantung

Taman Gantung Minimalis

Pot gantung juga dapat Anda aplikasikan di salah satu spot rumah Anda seperti di depan jendela agar bisa menikmati view yang teduh ketika bersantai di dalam rumah.

14. Taman Jepang Minimalis

Mungkin diantara Anda ada yang merasa repot jika harus merawat tanaman di taman, baik karena keterbatasan waktu atau faktor kurang telaten. Bagi Anda yang merasa demikian, untungnya ada pilihan taman Jepang yang tidak harus memiliki tanaman. Anda dapat membuat taman Jepan dengan hanya ada bebatuan di dalamnya.

Taman Jepang Minimalis

Seperti gambar taman Jepang diatas, hanya memiliki bebatuan besar diantar kerikil batu kecil. Lumut tumbuh di batu besar justru menambah nilai estetika. Untuk kerikil batu kecilnya, Anda dapat membuat pola sesusai selera menggunakan garpu taman. Selain itu, sudah tidak asing lagi dengan gerbang berwarna merah yang sangat identik dengan Negara Jepang disebut sebagai tori.

Taman Jepang Minimalis

Walaupun di rumah Anda tidak ada kuilnya, tori ini sangat boleh ditambahkan sebagai elemen taman dengan konsep Jepang. Anda dapat meletakannya di dekat kolam atau di area masuk taman.

15. Taman Bunga Minimalis

Taman bunga depan rumah Anda bisa semakin cantik dengan menggabungkan beberapa jenis cara tanam, seperti ditanam langsung di tanah dan ditanam dalam pot bunga. Selain itu, juga dapat menggantungkan pot di dinding dekat taman atau pada pilar teras rumah.

Taman Bunga Minimalis

Untuk mempercantik, silakan ditambah dekorasi batu sungai di depan hamparan bunga tersebut. Ada juga alternatif lain dengan menanam sejumlah bunga perennial atau berumur panjang yang biasanya berumur lebih dari dua tahun. Beberapa bunga tersebut, diantarnya adalah mawar, gazania, lili, dan dahlia.

Taman Bunga Minimalis

Untuk mempercantik taman, Anda bisa berkreasi dengan membuat petak yang sisinya seikit berkelok dan bagian lahan yang tidak ditanami bunga bisa untuk ditanami rumput.

16. Taman Balkon Minimalis

Setiap balkon bisa mejadi tempat yang sangat cocok untuk bersantai dengan secangkir teh. Balkon kecil maupun lebar dapat didekorasi menjadi sebuah tempat idaman Anda sekeluarga.

Taman Balkon Minimalis

Anda juga dapat membuat tempat tanaman dari semen di sekitar balkon seperti berikut ini.

Taman Balkon Minimalis

Tambahkan kursi panjang untuk Anda dan keluarga dapat bercengkerama setelah hari yang melelahkan.

Nah, itu tadi ya ada 32 desain taman minimalis yang cantik dan asri. Kira-kira yang mana membuat Anda tertarik untuk mengaplikasikannya?

Ikuti terus dijabodetabek.id untuk ide ide taman lainya

Dzikei

Berawal dari pengalaman berkecimpung di dunia jasa pembuatan berbagai furniture seperti kitchen set, lemari dan beberapa item lain yang customized, saya memulai petualangan saya mencari berbagai macam ide untuk mengembangkan usaha saya. Dan dari situ saya pun membaca banyak tulisan tentang dunia desain rumah, terutama desain interior yang akhirnya saya tuliskan dalam blog ini. Semoga dengan menulis dan menyusun konten di blog ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

View all posts by Dzikei →