Tipe – tipe Gorden Jendela Bisa Untuk Kamar, Pintu dan Ruang Tamu

Memilih tipe gorden jendela bukan tergolong hal yang rumit dibanding dengan memilih perabotan rumah tangga lainnya. Gorden, walaupun hal ini dinilai sepele, namun penggunaan gorden yang tepat, tentunya mampu mempercantik penampilan ruangan itu sendiri.

Ada beragam model, motif, dan warna gorden jendela yang bisa Anda pilih. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk menyelaraskan gorden jendela dengan gaya ruangan. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua tipe dari gorden jendela cocok untuk semua ruangan, karena jika kurang tepat akan mengurangi fungsi dan estetika ruangan. Nah, sebelum memilih gorden jendela, yuk ketahui dulu dengan tipe-tipe gorden jendela berikut ini.

  1. Gorden Jendela Tipe Blinds

Bagi Anda yang ingin menampilkan kesan modern dan minimalis pada jendela, bisa menggunakan gorden jendela tipe blinds. Blinds terdiri dari beberapa macam yaitu roman blinds yang akan membentuk lipatan-lipatan secara horizontal ketika ditarik. Roman blinds tepat dijadikan pilihan Anda yang membutuhkan desain dengan suasana yang lebih hangat dan sentuhan yang halus pada ruangan, seperti pada gambar dibawah ini.

 Gorden Tipe Blinds
(Sumber: sembilanstudio.com)

Selain roman blinds, ada tipe roller blinds, dimana gorden jendela menggulung pada batangnya. Roller blinds menggabungkan estetika dan pengontrolan cahaya, sehingga menjadi satu produk yang paling disukai untuk desain modern dan kontemporer. Kemudian ada vertical dan horizontal blinds, dimana jendela akan membuka dengan mendatarkan bilahnya baik secara vertikal maupun horizontal sesuai namanya. Vertical blinds dapat digambarkan sebagai berikut.

 Gorden Tipe Blinds Warna Putih
(Sumber: sembilanstudio.com)

 Bahan gorden yang digunakan pun tidak sembarangan yaitu misalnya berbahan kain jenis dimout. Kain ini memiliki bentuk yang kaku dan tekstur yang sedikit kasar. Walau begitu, kemampuannya dalam memblok sinar matahari cukup besar, yaitu 90 persen. Selain dimout, alternatif bahan lain seperti kanvas, kayu, kulit, atau bahan katun. Jenis blinds yang beragam ini dapat menyesuaikan kebutuhan Anda untuk gorden jendela kecil panjang atau gorden jendela kecil pendek.

2. Gorden Jendela Tipe Valances

Valances merupakan kain seperti gorden dengan ukuran lebih kecil yang bisa diletakkan di atas jendela. Tipe valances cocok untuk mempercantik gorden jendela kecil panjang seperti gambar di bawah ini.

 Gorden Jendela Tipe Valances
(Sumber: rumah.co)

Biasanya mengenai estetika, gorden jendela tipe valances punya estetika yang fungsional. Selain cantik dengan bentuk berombak, valances juga berfungsi untuk menutupi batang jendela yang kurang indah jika terlihat. Biasanya valances dikombinasikan dengan cascades maupun vitrase sebagai ornamen pelengkap.

3. Gorden Jendela Tipe Tiers

Jika gorden tipe valances dapat menutupi bagian atas jendela, maka gorden tipe tiers justru sebaliknya. Gorden ini menutupi bagian bawah jendela hingga sepertiga bagian bawahnya.

Gorden Jendela Tipe Tiers
(Sumber: amazon.fr)

Tiers sendiri akan membentuk kombinasi sempurna dengan valances. Ketika keduanya digunakan, maka cahays dari luar tetap bisa masuk ke ruangan namun tetap privasi tetap terjaga. Tiers seringkali digunakan untuk dapur dan kamar mandi yang biasanya membutuhkan gorden jendela kecil yang relatif pendek.

4. Gorden Jendela Tipe Pleat

Gorden tipe pleat terdiri dari berbagai macam jenis yaitu box pleated, tailored pleat, goblet pleat, dan pinch pleated. Semuanya dibedakan berdasarkan bentuk bagian atas gorden jendela, contohnya tiga lekukan seperti gambar berikut.

Gorden Jendela Tipe Pleat
(Sumber: susindra.com)

Pada jenis box pleated, gorden memiliki lipatan berbentuk kotak. Kemudian, tailored pleat adalah gorden jendela yang tiap tiga lipatan dijahit ujung atasnya sehingga mengerucut. Sedangkan jenis goblet pleat, mengikat tiga lipatan dan dibentuk menyerupai bentuk piala. Pada jenis box pleated, gorden memiliki lipatan berbentuk kotak. Kemudian, tailored pleat adalah gorden jendela yang tiap tiga lipatan dijahit ujung atasnya sehingga mengerucut. Sedangkan jenis goblet pleat, mengikat tiga lipatan dan dibentuk menyerupai bentuk piala. Kemudian, pinch pleated lebih bervariasi karena bisa terdiri dari tiga, empat, hingga lima lipatan namun bentuknya tetap seimbang. Hanya saja, lebih banyak lipatan berarti semakin tebal dan membutuhkan lebih banyak kain.

Kemudian, pinch pleated lebih bervariasi karena bisa terdiri dari tiga, empat, hingga lima lipatan namun bentuknya tetap seimbang. Hanya saja, lebih banyak lipatan berarti semakin tebal dan membutuhkan lebih banyak kain.

Apabila Anda Memerlukan Gorden Minimalis Klik : Jual Gorden Minimalis Murah dan Berkualitas

Jual gorden jendela murah berkualitas, jenis gorden minimalis untuk jendela, pintu dengan model terbaru dan kekinian

5. Gorden Jendela Tipe Eyelet

Ciri khas yang dimiliki jenis gorden ini terletak pada pemasangannya, yakni memiliki ring-ring besi pada bagian atas gorden sebagai tempat menggantung pada batang jendela. Biasanya jenis tipe eyelet terbuat dari kain yang tergolong ringan atau tidak terlalu berat.

Gorden Jendela Tipe Eyelet
(sumber: tokopedia.net)

Selain itu, gorden jendela tipe eyelet mudah digeser karena gerakan ring pada batang jendela tidak terhambat. Sedangkan, untuk bahan yang lebih berat, jenis gorden eyelet ini cocok untuk kamar tidur bergaya modern atau ruang keluarga. Jenis gorden ini sedang menjadi tren dan menjadi pilihan karena bentuknya yang simpel.

6. Gorden Jendela Tipe Tab Top

Tap top adalah tipe gorden jendela yang mirip dengan eyelet hanya bentuknya lebih sederhana. Bedanya, penggunaan ring-ring di tiang gorden ditiadakan, diganti dengan kain yang sama untuk mengaitkan gorden jendela pada batangnya. Jika Anda ingin menciptakan suasana casual rumah minimalis Anda, maka tipe ini adalah yang paling tepat.

Gorden Jendela Tab Top
(sumber: rumahminimalismeida.net)

Tab top adalah jendela dengan berat kain paling fleksibel, karena pengaitnya sendiri berasal dari kain yang sama. Tab top menggantung secara datar dan membentuk lipatan-lipatan. Karena tiang gorden yang berada dalam tab-tab ini terekspos maka, tipe gorden jenis sering dikombinasikan dengan tiang gorden yang terdekor cantik dan menarik untuk meningkatkan keindahan gorden itu sendiri Ada yang menyebutnya gorden tab karena gantungan pada gorden berjarak yang sama, seperti tab pada keyboard komputer.

7. Gorden Jendela Tipe Rod Pocke

Tipe gorden jendela selanjutnya adalah jenis yang paling sederhana, dikenal dengan tipe rod pocket. Jenis gorden ini memiliki kantong di bagian atas untuk menempatkan besi penggantung gorden. Gorden kantong ini ada yang memiliki satu kantong, dua, bahkan tiga namun, biasanya yang digunakan untuk memasukkan tiang gorden hanya satu.

(sumber: williams-sonoma.com)

Gorden jendela tipe ini berbahan dari kain yang ringan dan biasanya berfungsi hanya sebagai pembatas sehinnga, memang tidak sering dibuka-tutup. Karena kurang fleksibel untuk digeser, sebaiknya gunakan rod pocket pada ruangan yang jarang digunakan.

8. Gorden Jendela Tipe Sheer

Jenis gorden satu ini biasanya digunakan sebagai gorden tambahan selain gorden utama, sehingga cocok untuk ruangan apapun sesuai kebutuhan Anda.

Gorden jendela Tipe Sheer
(Sumber: westelm.com)

Tanpa gorden utama pun, gorden tipe sheer sudah sangat cantik untuk melengkapi dekorasi ruangan Anda. Gorden jendela tipe sheer termasuk ke dalam jenis gorden yang terbuat dari kain yang ringan dan semi-transparan. Sheer yang kini ada di pasaran sudah tidak terbatasi oleh warna putih polos saja, namun sudah tersedia dalam berbagai warna dan motif. dari bahan voile maupun vitrase.

9. Gorden Jendela Tipe Draperies

Gorden jendela tipe Draperies memiliki motif dan warna yang cantik, draperies juga tampil lebih simpel dengan permukaan yang bergelombang dan menggantung sama panjang. Draperies biasanya berbahan kain yang lebih berat.

Gorden Jendela Tipe Draperies
(sumber: elledecor.com)

Draperies seringkali mengandung bahan akrilik pada lipatan-lipatannya sehingga menjadikan ruangan lebih hangat ketika cuaca dingin. Selain itu, bisa meredam suara dan menghalangi cahaya untuk masuk.

10. Gorden Jendela Tipe Cascades

Cascades adalah tipe gorden minimalis namun terkesan mewah dengan modelnya yang menjuntai di kedua sisi jendela. Cascades juga memiliki variasi motif dan panjang, ada yang sama panjang atau salah satu sisi lebih panjang, seperti pada gambar di bawah ini.

Gorden Jendela Tipe Cascades

 Cascades biasanya bergelombang membentuk setengah lingkaran pada bagian atas. Keduanya terpadu membentuk gorden jendela yang anggun dan menawan. Cascades dan swag cocok dipasang sebagai gorden jendela kamar atau di ruang baca.

11. Gorden Jendela Tipe Scarves

Jenis gorden jendela yang terakhir pada artikel ini adalah scarves. Gorden jendela model scarves menjadi salah satu tipe gorden jendela yang paling mudah dipasang yakni dengan cara dililitkan pada batang jendela sebagai dekorasi.

Goden Jendela Tipe Scarves
(Sumber: Elledecor.com)

Selain tampak menawan, tipe gorden jendela satu ini bisa dikombinasikan dengan model gorden lain. Anda bisa memilih kain halus seperti sutera sebagai scarves. Anda juga bisa menyesuaikan jumlah lilitan dengan panjang batang jendela. Tipe ini fleksibel dapat dipasang sebagai gorden jendela kecil panjang maupun gorden jendela kecil pendek.

12. Gorden Jenis Kupu-Kupu

Tipe gorden ini masih menjadi tipe idaman untuk memperindah rumah-rumah minimalis masa kini karena modelnya yang simple tapi menawan dengan ragam motif dan kain yang beredar pada pasaran.

Gorden Jendela Kupu-Kupu
(Sumber: deskgram.net)

Gorden yang juga seperti berbentuk pita ini tidak memakan banyak tempat pada jendela rumah Anda dan tidak menjuntai hingga ke lantai. Selain itu, untuk pembuatan dan pemasangannya sendiri pun tidak memakan banyak waktu. Hal menarik lainnya adalah harga bahan gorden jenis ini terbilang lebih hemat dibanding dengan bahan gorden pada umumnya.

Baca Juga : Cara Membuat Gorden Kupu-Kupu Sederhana untuk Jendela Rumah Anda

Sebelum masuk ke dalam tahapan cara membuat gorden kupu-kupu yang cantik untuk jendela rumah minimalis. Anda harus menentukan bahan apa yang digunakan

Sekarang Anda sudah lebih mengetahui kan apa saja tipe dari gorden jendela? Jadi Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih tipe gorden jendela yang tepat pada masing-masing ruang ya. Dekorasi gorden yang baik tentu membuat ruangan Anda menjadi lebih sempurna dan membuat Anda merasa lebih nyaman. Semoga artikel ini dapat menjadi ide dan inspirasi Anda dalam menentukan pilihan gorden yang sesuai dengan kebutuhan serta selera Anda.

Tags: , , ,