wallpaper dinding motif mural untuk kantor

18 Motif Wallpaper Dinding Untuk Ruangan Rumah Anda

Wallpaper dinding adalah kertas khusus pelapis dinding yang diaplikasikan dengan cara menempelkannya pada dinding rumah kita. Saat ini wallpaper dinding sudah banyak digunakan baik untuk rumah, kantor, apartemen, restoran atau café. Wallpaper dapat memberi nilai estetika lebih karena hadir tidak hanya dalam banyak warna, tapi juga dalam beragam motif. Kita dapat menyesuaikannya dengan selera dan konsep ruangan seperti desain ruang tamu atau desain ruang keluarga.

Bahkan jika kita memilih wallpaper dengan motif yang cukup ramai, kita tidak perlu menambah banyak hiasan di dinding kita. Beberapa desain ruang tamu menggunakan wallpaper sebagai hiasan dinding ruang tamu yang menonjolkan karakter ruang tamu itu sendiri. Varian warna dan corak yang sangat beragam membuat kita mempunyai pilihan lebih banyak untuk memperindah tampilan dinding ruangan sehingga ruangan akan terlihat lebih menarik dan nyaman untuk siapapun yang berada dalam ruangan tersebut.

Saat ini memang banyak property baik rumah, kantor, apartemen, café ataupun lainnya mengaplikasikan wallpaper sebagai pelapis dinding. Tapi sebenarnya menggunakan cat atau wallpaper hanyalah pilihan untuk mempercantik dinding ruangan karena dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk kali ini kita akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan memakai wallpaper sehingga kita bisa mempertimbangkan baik-baik sebelum memilih wallpaper untuk ruangan impian kita.

Kelebihan Menggunakan Wallpaper Dinding

1. Proses Pemasangan yang Praktis dan Efisien

Bila dibandingkan dengan mengaplikasikan cat ke dinding, memang pemakaian wallpaper lebih mudah dan relatif tidak memakan waktu yang lama. Tidak perlu tips dan trik khusus ketika memasang wallpaper, bahkan kita bisa memasangnya sendiri di rumah. Pastikan wallpaper benar-benar menempel dengan rata ke dinding.

Namun apabila anda merasa kurang yakin untuk memasangnya sendiri, banyak jasa pemasangan wallpaper yang dapat kita manfaatkan untuk memasangkan wallpaper untuk ruangan yang kita inginkan. Harganya pun cukup terjangkau.

2. Pilihan Warna, Pola, dan Corak Yang Beragam

Salah satu kelebihan utama dengan menggunakan wallpaper adalah ragam corak, pola dan warna yang banyak dan variatif. Hal ini juga yang membuat wallpaper unggul dari cat dinding yang hanya bisa memberikan tampilan dinding warna polos (kecuali jika dilukis). Wallpaper tersedia dalam beragam motif menarik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Untuk dapat memilih warna atau corak wallpaper yang tepat, kita bisa mencari info terlebih dahulu agar tidak salah memilih. Sebagai contoh, motif wallpaper berukuran besar tidak cocok untuk ruangan yang kecil karena akan memberikan kesan ruangan sempit.

3. Dapat Mendukung Tema Ruangan Yang Ingin Ditampilkan

Biasanya sebuah desain rumah atau ruangan memiliki tema atau gaya tertentu yang ingin ditampilkan. Dan pemilihan wallpaper yang sesuai dapat mendukung tema dari desain tersebut bahkan mencerminkan karakter atau kepribadian dari pemilik rumah atau penghuninya. Pemilihan wallpaper juga dapat memberikan rasa nyaman dan tentram baik bagi para penghuni ataupun tamu yg berkunjung. Selain itu, wallpaper juga dapat menjadi salah satu dekorasi atau daya Tarik pada ruangan tersebut.

4. Dapat Menutup Kondisi Dinding Yang Tidak Rata atau Kurang Mulus.

Seringkali karena kondisi bangunan yang lama, banyak retakan di dinding dan permukaan dinding yang tidak mulus lagi. Atau, dinding yang seringkali dipaku atau ditempel untuk berbagai dekorasi ruangan membuat kondisi dinding menjadi jelek dan terlihat kurang menarik.

Kondisi dinding yang mempunyai retakan, berlubang atau banyak bekas tempelan atau  sejenisnya tidak selalu dapat ditutupi dengan mengaplikasikan cat. Tapi, wallpaper dapat menjadi solusi yang tepat untuk menutup kondisi dinding demikian sehingga dinding terlihat tidak hanya mulus dan rata, tapi juga menarik.

5. Cocok untuk Kamar Anak.

Mungkin kita dapat mengaplikasikan cat berwarna terang atau cerah untuk kamar anak. Hanya saja dengan wallpaper, kita akan lebih mudah membersihkan noda di dinding mengingat anak-anak suka mencoret-coret dinding atau membuat noda. Saat ini, ada banyak jenis wallpaper dengan bahan yang mudah dibersihkan atau bahkan anti air seperti bahan vinyl. Dan ketika anak beranjak besar atau bosan, akan lebih mudah untuk menggantinya.

Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding

1. Kesulitan Untuk Memasang Pada Area Lekukan Ruangan

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika memasang wallpaper adalah area-area lekukan ruangan seperti sudut-sudut, jendela dan pintu, juga perbatasan antara dinding dan lantai. Pemasangan wallpaper pada area-area tersebut cenderung lebih sulit karena kita harus memastikan bagian ujung wallpaper tidak terlipat. Kita bisa mengatasi masalah ini dengan memotong wallpaper ke beberapa bagian yang lebih pendek.

2. Lebih Mudah Rusak, Mengelupas, dan Berjamur.

Daya tahan wallpaper menjadi kurang tahan lama apabila ruangan yang akan dipasang wallpaper cenderung lembab dan minim ventilasi atau cahaya dan memiliki sirkulasi udara yang buruk. Dan jika wallpaper tertimpa sinar matahari langsung maka, warnanya akan memudar lebih cepat.

Hindari memasang wallpaper di ruangan yang cenderung lembab seperti ruangan yg minim ventilasi atau kurang mendapatkan cahaya matahari, biasanya kamar mandi atau dapur.

Selain mengelupas, wallpaper yang berada di ruangan tertutup dan lembap tersebut mudah berjamur. Ruangan demikian akan membuat wallpaper kurang menempel dan kalaupun menempel, biasanya akan berjamur pada jangka panjang.  Pastikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup terjaga baik untuk ruangan yang akan dipasang wallpaper atau untuk ruangan kamar di dalam rumah akan lebih baik juga memasang AC karena membuat suhu ruangan cukup kering.

3. Harus Dibersihkan Lebih Sering.

Perawatan rutin pada wallpaper lebih diperlukan agar dinding yang sudah dipasang wallpaper tidak dipenuhi debu atau kelembaban yang berlebih. Hal ini juga diperlukan untuk menghindari  wallpaper menjadi kusam dan menjaga tampilannya tetap baik dan menarik. Meskipun sudah banyak jenis wallpaper yang mudah dibersihkan, kita tetap harus hati-hati ketika membersihkan permukaan wallpaper. Kadangkala warna/motif wallpaper menjadi pudar atau bisa robek ketika permukaan dinding dibersihkan. Gunakan lap lembab yang tidak terlalu basah dan usap dengan lembut dan perlahan.

4. Meninggalkan Bekas Pada Dinding Rumah.

Jika kita ingin mengganti warna atau motif wallpaper dinding, kita harus mengetahui cara dan teknik melepas wallpaper yang benar. Karena pengelupasan yang salah atau tidak hati-hati akan meninggalkan bekas pada dinding. Diperlukan cara dan teknik khusus untuk mengganti wallpaper agar benar-benar bersih dan tidak berbekas pada dinding. Ataupun jika merasa kesulitan untuk melakukannya, kita bisa menggunakan jasa ahli yang sekarang mudah kita panggil ke rumah.

Jenis atau Bahan Wallpaper Dinding

1. Wallpaper Dari Kertas

Salah satu bahan wallpaper yang paling banyak dan umum digunakan adalah kertas. Wallpaper jenis ini juga mudah sekali kita dapatkan di pasaran. Kelebihan dari wallpaper jenis ini adalah pilihan warna dan motif yang banyak juga beragam. Selain itu, ada beberapa produsen yang menerima cetak wallpaper sesuai keinginan kita. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk kita mewujudkan desain ruangan sesuai impian.

2. Wallpaper Dari Kertas Tebal atau Heavy-Duty Paper

Sebenarnya wallpaper ini adalah varian lain dari wallpaper kertas hanya saja ketebalannya jauh berbeda dari wallpaper kertas kebanyakan sehingga memiliki ketahanan yang lebih baik. Biasanya, wallpaper jenis ini dibuat dengan motif atau pola timbul yang unik dan menarik.

3. Wallpaper dari Vinyl

Wallpaper dari bahan serat plastik atau yang biasa disebut dengan vinyl merupakan jenis wallpaper lain yang juga cukup menjadi favorit karena mempunyai kelebihan tidak mudah kotor dan lebih mudah dibersihkan dibanding wallpaper kertas. Noda pada wallpaper dapat segera dibersihkan dengan lap basah. Selain itu, vinyl lebih tahan lembab dan tidak mudah robek sehingga wallpaper jenis ini lebih tahan lama.

4. Wallpaper dari Kain

Jenis wallpaper keempat adalah wallpaper dari kain atau serat kain seperti wallpaper kain beludru. Bahan kain untuk wallpaper biasanya lebih sulit untuk dipasangkan ke tembok tetapi mempunyai daya tahan lebih lama. Saat kotor, wallpaper jenis ini juga bisa dicuci hingga bersih.

5. Wallpaper dari Foil

Foil adalah logam tipis yang dapat menjadi salah satu bahan wallpaper dinding. Efek mengkilap yang unik dan menarik dari foil merupakan kelebihan mengapa bahan ini cukup banyak digunakan. Bahan ini juga cukup awet karena lebih tahan akan suhu, air dan mudah untuk dibersihkan.

18 Ide Motif Wallpaper dinding berdasarkan Ruangan Di Rumah Anda

Motif wallpaper dinding untuk ruang tamu

  • Motif Garis-Garis Berwarna Biru dan Putih.
motif blue white stripes

Kombinasi dua warna ini memberikan kesan dan suasana tenang dan nyaman sehingga membuat siapa pun yang berkunjung dapat merasakan kenyamanan dan keakraban dalam ruang tamu pemilik rumah.

  • Motif bunga-bunga berwarna netral.
wallpaper dinding motif bunga bunga

Motif bunga-bunga klasik dengan warna netral dapat memberikan kesan klasik dan berkelas pada ruang tamu kita. Motif ini cocok sekali untuk ruang tamu yang cukup luas sehingga mempertegas kecantikan motif tersebut.

Motif Wallpaper Dinding Untuk ruang Keluarga

  • Motif pepohonan, tanaman atau alam.
wallpaper dinding motif pohon
sumber gambar : aliexpress.com

Wallpaper dengan motif pohon atau tanaman dapat memberikan kesan nyaman dan tenang sehingga cocok untuk ruang keluarga yang identik dengan ruangan yang memberikan rasa nyaman untuk keluarga kita.

  • Motif polkadot.
wallpaper dinding motif polkadot
sumber gambar : aliexpress.com

Salah satu motif menarik yang bisa kita pilih untuk ruang keluarga adalah motif polkadot. Ruang keluarga kita akan terlihat berbeda, menarik dan ceria.

Motif Wallpaper Dinding Untuk Ruang Makan

  • Motif bunga.
wallpaper dinding motif bunga
sumber gambar : 99.co

Motif bunga juga dapat digunakan untuk mempercantik ruang makan kita. Hanya saja, motif ini lebih cocok untuk ruang makan yang luas dan kurang sesuai untuk ruang makan yang sempit.

  • Motif garis hitam kuning.
wallpaper dinding motif garis hitam kuning
sumber gambar : wallpapergordyn.com

Motif bergaris adalah salah satu motif favorit yang akan membuat ruangan kita terlihat unik. Dan salah satu motif yang bisa kita gunakan untuk ruang makan kita adalah motif garis hitam dan kuning seperti pada gambar.

Motif Wallpaper Dinding Untuk Dapur

  • Motif dengan tulisan.
wallpaper dinding motif mural
sumber gambar : shopee.co.id

Wallpaper dinding tulisan adalah Salah satu motif wallpaper yang lagi trend adalah tulisan-tulisan menarik dengan font yang unik. Kalimat atau kata-kata dalam tulisannya pun bisa kita sesuaikan dengan jenis ruangan atau bisa juga berisi kalimat kutipan atau kalimat yang menarik.

  • Motif batu bata hitam.
wallpaper dinding motif batu bata hitam
sumber gambar : shopee.co.id

Motif batu bata seperti di gambar bisa menjadi pilihan tepat untuk dapur kita. Pilih bahan wallpaper yang dapat anti minyak sehingga lebih mudah untuk membersihkannya.

Motif Wallpaper Dinding Untuk Mushola

  • motif wallpaper 3D bergambar masjid.
wallpaper dinding 3d gambar mushola

Motif dengan gambar atau tema masjid merupakan pilihan yang sangat tepat untuk ruangan mushola rumah anda. Gunakan desain minimalis untuk interior mushola agar ruangan tidak terlalu ramai atau berlebihan.

  • Motif wall sticker kaligrafi.
wallpaper dinding motif kaligrafi
sumber gambar : bukalapak.com

Salah satu motif yang dapat mempercantik dinding mushola rumah dengan cantik dan menarik adalah kaligrafi. Kita bisa menggunakan wall sticker dengan kaligrafi pilihan kita.

Motif Wallpaper Dinding Untuk Ruang Kerja atau Kantor

  • wall Sticker Quote
wallpaper dinding sticker quotes
sumber gambar : tokopedia.com

Menggunakan wallpaper dengan wall sticker berupa quote yang menginspirasi atau memotivasi adalah pilihan tepat untuk desain interior kantor kita. Selain memberikan kesan unik pada ruangan, motif pilihan ini juga dapat membawa energi positif di kantor.

  • motif mural.
wallpaper dinding motif mural untuk kantor
sumber gambar : imural.id

Mural dengan tema unik atau tema pekerjaan dapat menjadi pilihan unik untuk ruangan kantor modern seperti kantor startup yang berjiwa dinamis.

Motif Wallpaper Dinding Untuk Kamar

  • Motif kayu.
wallpaper dinding motif kayu
sumber gambar : panduanrumah.com

Motif ini menjadi pilihan yang tepat untuk dinding kamar tidur kita. Selain memberikan nuansa alam yang nyaman, motif kayu dapat menciptakan kamar tidur elegan.

  • Motif bunga sakura.
wallpaper dinding motif bunga sakura
sumber gambar : aliexpress.com

Motif bunga dapat menjadi pilihan menarik untuk menciptakan kamar tidur romantis.

Motif Wallpaper Dinding Untuk Kamar Anak

  • Motif doraemon.
wallpaper dinding motif doraemon
sumber : tokopedia.com

Motif dengan tema kartun favorit atau superhero selalu menjadi pilihan yang cocok dan menyenangkan untuk kamar unik. Motif kartun seperti doraemon dapat digunakan untuk kamar anak laki-laki.

  • Motif hello kitty.
wallpaper dinding motif hello kitty

Dan motif tokoh kartun hello kitty dapat menjadi pilihan yang cantik untuk kamar anak perempuan.

Baca juga : Tutorial Lengkap Cara Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

Motif Wallpaper Dinding Untuk Kamar Mandi

  • Motif burung.
wallpaper dinding motif burung
sumber : grid.id

Motif burung seperti yang ada dalam gambar bisa menjadi pilihan bagi dinding kamar mandi kita. Pilih wallpaper yang berbahan anti-air.

  • motif kupu kupu.
wallpaper dinding motif kupu kupu
sumber gambar : freekickmastersusa.com

Selain burung, motif hewan lain yang menarik untuk ke kamar mandi adalah motif kupu-kupu. Motif ini dapat mempercantik kamar mandi kita. Pastikan wallpaper yang kita pilih anti lembab dan anti air.

Itulah pembahasan jenis wallpaper dinding beserta beberapa contoh motif wallpaper berdasarkan ruangan di rumah Anda. Semoga bermanfaat

Dzikei

Berawal dari pengalaman berkecimpung di dunia jasa pembuatan berbagai furniture seperti kitchen set, lemari dan beberapa item lain yang customized, saya memulai petualangan saya mencari berbagai macam ide untuk mengembangkan usaha saya. Dan dari situ saya pun membaca banyak tulisan tentang dunia desain rumah, terutama desain interior yang akhirnya saya tuliskan dalam blog ini. Semoga dengan menulis dan menyusun konten di blog ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

View all posts by Dzikei →